Desain merupakan ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman manusia yang mencermninkan keterikatan dan apresiasi dan adaptasi lingkungan. secara khusus desain bisa dikaitkan dengan konfigurasi, komposisi, arti da nilai tujuannya. jadi bisa dikatakan desain adalah Proses perancangan / perancangan yang melibatkan kreatifitas manusia yang bertujuan membuat (to create something) sesuatu benda, sistim, dan sejenisnya dan memiliki manfaat bagi umat manusia. Desain merupakan manifestasi manusia dalam berkebudayaan yang menjadi ciri bagi peradabannya.
Proses kreatif sebagai langkah dasar
Memahami pasar, teknologi dan kendala-kendala yang mungkin timbul dari sebuah masalah. Menantang masalah-masalah tersebut menjadi salah satu cara untuk mengetahui dasar masalah, tetapi yang penting adalah memahami persepsi yang ada saat ini.
Mengamati orang-orang dalam situasi kehidupan yang sebenarnya untuk menemukan apa yang  membuat mereka bertingkah laku seperti itu : apa yang membingungkan mereka, apa yang mereka sukai, apa yang mereka benci, apa kebutuhan utama mereka yang tidak terpenuhi saat ini.
Memvisualisasikan konsep-konsep ; memvisualisasi pengalaman-pengalaman obyek dengan berbagai macam pendekatan karakter dan skenario
Mengevaluasi dan menyempurnakan prototipe secara berulang-ulang dan cepat. Jangan terpaku hanya pada satu bentuk desain karena pasti akan mengalami perubahan-perubahan, tetap perlu untuk mengamati apa yang jalan dan apa yang tidak, apa yang membingungkan, apa yang disukai, dan secara bertahap memperbaiki bentuk desain tersebut.
•Menerapkan konsep baru tersebut untuk disosialisasikan. Hasil akhir konsep dan gagasan berhasil tidaknya bergantung kepada kredibilitas semua kerja kreatif pada tahap sebelumnya.

Post a Comment Blogger

 
Top